Urusan pekerjaan saya di Pulau Dewata tidak selalu soal digital marketing. Kadang, saya memenuhi undangan klien saya yang ingin belajar meditasi di Bali. Pulau seribu pura ini memang salah satu lokasi ideal untuk menenangkan diri melalui metode seperti meditasi.

 

Selain alam Bali yang cantik, budaya dan kearifan lokalnya juga sangat support untuk hal spiritual.

 

Inilah yang selalu menarik di Bali.

 

Di daerah lain, apalagi kota besar seperti di Jakarta atau Surabaya, melakukan meditasi bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan.

 

Selain faktor kebisingan kota besar, polusi, kemacetan, dan sebagainya, masyarakat disana sebagian masih mengerutkan dahi kalau diajak diskusi soal metode penenangan diri yang mirip dengan bertapa itu.

 

Itu masih sebatas diajak diskusi.

 

Belum tahap melakukan.

 

Meluruskan Arti Meditasi

Sebagian masih menganggap meditasi itu sesuatu yang “gelap”. Mistik. Supranatural. Metode itu baru mendapat sedikit pengakuan, manakala disandingkan dengan metode lain. Misal, Yoga. Dan, tempat melakukannya pun di pusat kebugaran. Barulah, metode penenangan diri menjadi sesuatu yang mulai bisa diterima.

 

Faktanya, belajar meditasi di Bali lebih mudah.  Semeton Bali sudah terbiasa mendengar istilah meditasi. Baik untuk keperluan agama, spiritual, maupun kesehatan.

 

Belajar meditasi di Bali bersama saya anda akan mendapat manfaat seperti buka aura, bela diri, dan spiritual healing yang meningkatkan kesehatan dan energi positif dalam hidup anda

 

Inilah yang membuat saya mudah untuk membagi edukasi soal metode penenangan diri. Seperti saat saya bertemu dengan seorang klien, yang sudah jauh hari mengajak saya untuk diskusi soal itu. Kami bertemu di sebuah tempat makan murah di Kawasan Denpasar Selatan.

 

Dari diskusi siang itu, klien saya, seorang wanita berusia 47 tahun, mengaku mencari guru meditasi untuk membantu penyembuhan dan memperbaiki kesehatan. Di Pulau Dewata, sangat mudah mencari instruktur meditasi. Namun, klien saya itu rupanya lebih cocok dengan konsep meditasi yang saya ajarkan.

 

Dia tahu bahwa saya menjalani ilmu meditasi sejak tahun 1995.

 

Dia juga tahu kalau saya mengajarkan meditasi aktif dan meditasi pasif.

 

Dan, dia juga tahu kalau metode meditasi saya dapat membuka aura dan memperbaiki sirkulasi energi positif.

 

“Darimana anda tahu itu semua ?” tanya saya.

 

“Saya sudah melihat website bapak sejak tiga tahun terakhir,” ujarnya.

 

Tidak hanya  melihat. Tetapi, dia juga mengikuti semua ulasan saya di bidang spiritual.

 

Alhamdulillah.

 

Sekarang saya lebih mudah mengajarkan meditasi itu ke beliau. (mad)

 

 

 

 

 

 

 

 

Belajar Meditasi di Bali