Yups. Ini adalah artikel pertama saya di Tahun 2020. Setelah melewati pergantian tahun dengan berbagai warna. Ada yang happy-happy. Bertabur kembang api. Ada pula yang berjibaku dengan musibah banjir. Seperti di Jabodetabek. Obrolan soal itu juga mewarnai kunjungan pertama saya juga di Bali di Tahun 2020. Selain bercerita soal kejadian di pergantian tahun, relasi yang menjemput saya di Bandara I Gusti Ngurah Rai juga menawarkan sejumlah lokasi makan siang enak di Bali. Mau kemana ?

 

Bagi saya, bicara soal kuliner adalah hal yang paling menyenangkan.

 

Bersama relasi, teman, atau klien, saya selalu berusaha menghindari obrolan soal politik.

 

Kalau pun ada yang mengajak diskusi politik, pelan-pelan saya akan mengalihkan ke pembicaraan soal lain.

 

Bicara soal pekerjaan misalnya. Atau bisnis yang sedang dijalani.

 

Atau problem sehari-hari.

 

Banyak hal.

 

Asal bukan politik.

 

 

Pilihan Makan Enak

 

Dan, siang itu saya pun harus memikirkan jawaban atas relasi tadi. Soal makan siang enak di Bali. Saya harus cepat menjawabnya. Mobil yang kami tumpangi sudah melewati Simpang Dewa Ruci di By Pass Ngurah Rai.

 

Sambil ngobrol hal lain, saya juga berusaha mengingat daftar kuliner di Bali yang cocok dikunjungi:

 

 

  1. Warung Soto Ayam dan Nasi Rawon di Jalan Raya Kuta, Badung.

 

Rasa kuah soto ayamnya yang cukup nendang dan berasa khas banget khas Surabaya, menjadi pilihan kuliner yang kadang saya pilih. Biasanya saya mampir kesana siang atau sore hari. Kalau malam, saya tidak menganjurkan. Beberapa kali saya ke warung ini selepas magrib. Selalu kehabisan. Laris sekali. Saya harus gigit jari.  Rasa nasi rawonnya juga mantab. Kalau anda orang Jawa Timur, maka ciri khas bumbunya tidak jauh beda.

 

Mau yang Pedas Juga Ada

 

  1. Warung Sambelan Pedas di Jalan Tukad Barito, Denpasar.

 

Saya bukan penggemar pedas. Tapi kadang teman-teman mengajak saya mengisi perut di tempat makan yang selalu ramai ini. Mereka yang hobi berpedas ria dengan level sambal yang ekstrem, mungkin puas makan disini. Kalau saya, lebih memilih menu yang ramah di perut ini. Seperti nasi babat goreng, tumis kangkung, dan tempe tahu. Ditambah segelas jus melon.

 

  1. Kedai Mie Pedas di Jalan Bedugul 37A, Sidakarya, Denpasar.

 

Kedai mie disamping Kampus Undiknas ini sering menjadi jujukan saya juga. Terutama, kalau kebetulan melewati kawasan Sesetan dan sekitarnya. Meski menu utamanya adalah mie — yang juga disertai berbagai level pedas — tapi sekarang disana sudah ada menu nasi. Nasi Hitler namanya. Sejenis nasi goreng.

mau makan siang enak di bali tak usah bingung. mampir saja ke kedai mie kober denpasar di jalan bedugul 37A sidakarya denpasar.
Mie Ayam dengan Berbagai Level Pedas, dan Lumpia Udang di Mie Kober Denpasar Jalan Bedugul 37A adalah favorit saya.(*)

 

Bagaimana Pak ? Jadi makan siang dimana kita ?

 

Relasi saya kembali mengulang pertanyaan. Kali ini sambil ketawa. Dia melihat saya seperti membayangkan berbagai menu masakan yang enak.

 

Kali ini, bapak saja yang menentukan, saya manut saja. Begitu jawab saya.

 

Kami pun meluncur ke kawasan Jl Dewi Sri, Kuta.

 

Kali ini, menu fast food ala jepang yang jadi pilihan.(mad)

 

Makan Siang Enak di Bali