Apa Itu Penyakit Mata Menular?

Penyakit mata menular merupakan gangguan kesehatan yang menyerang mata dan dapat ditularkan pada orang lain melalui berbagai media, seperti tatapan langsung atau bersentuhan dengan penderita.

Penyakit mata ini cukup berbahaya karena penularannya sangat cepat dan tidak memandang umur. Baik tua maupun muda berisiko terkena penyakit mata ini.

 

Jenis Penyakit Mata yang Menular

Adapun jenis penyakit mata yang perlu diwaspadai, antara lain sebagai berikut.

·         Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan penyakit mata merah yang terjadi akibat peradangan pada selaput pelapis permukaan bola mata dan konjungtiva mata (bagian dalam). Biasanya, penyakit ini ditandai dengan mata berair dan rasa gatal yang cukup mengganggu. Penyakit ini mudah menular dan berlangsung dalam jangka panjang.

 

Salah satu penyakit mata menular adalah konjungtivitis, kenali gejalanya dan segera berobat ke dokter mata untuk penanganan terbaik.
Mata merah atau biasa disebut konjungtivitis kadang disebabkan penyebaran virus atau bakteri, dan itu berpotensi menular ke orang lain.(*)

 

Gejala Konjungtivitis

Adapun gejala umum konjungtivitis, antara lain sebagai berikut.

  • Mata merah
  • Berair
  • Sering mengeluarkan belekan
  • Terkadang disertai bengkak dan rasa nyeri
  • Perih

 

Penyebab Konjungtivitis

Sebagian besar kasus konjungtivitis disebabkan oleh infeksi virus, tetapi tak sedikit kasus konjungtivitis yang justru disebabkan oleh infeksi bakteri dan reaksi alergi.

Konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi virus mudah menular melalui kontak langsung ataupun melalui barang miliki penderita yang terkontaminasi.

 

Pengobatan Konjungtivitis

Untuk mencegah tertular konjungtivitis, rajinlah cuci tangan menggunakan sabun antiseptik, terutama setelah berinteraksi dengan penderita konjungtivitis. Pastikan asupan nutrisi mencukupi. Dengan begitu sistem imun lebih kuat sehingga dapat menghalau penularan virus.

Jika terlanjut tertular, maka segera kompres mata menggunakan air hangat dan gunakan salep antibiotika atau obat tetes mata sesuai resep dokter. Cegah penularan penyakit dengan memisahkan alat yang digunakan penderita.

·         Trakhoma

Trakhoma merupakan gangguan mata yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia Trachomatis. Penyakit menular ini sering menyerang anak-anak, terutama yang tinggal di negara berkembang.

Trakhoma mudah menyebar melalui kontak langsung melalui cairan mata, cairan hidung, sentuhan langsung pada penderita, sentuhan pada barang yang terkontaminasi bakteri, dan serangga yang hinggap pada kotoran penderita trakhoma.

Masa inkubasi penyakit ini berlangsung selama lima hingga dua belas hari. Gejala awal trakhoma ditandai dengan kemerahan pada mata. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, maka gejala ini akan semakin parah dan berisiko menjadi penyakit kronis yang menyebabkan terbentuknya jaringan parut pada kornea mata dan memicu kebutaan pada mata.

Gejala Trakhoma

Adapun gejala umum trakhoma, antara lain sebagai berikut.

  • Mata merah
  • Iritasi dan gatal
  • Belekan
  • Kelopak mata dan kelenjar getah bening bengkak
  • Kornea keruh
  • Mata nyeri
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Mata mengeluarkan cairan nanah dan mukus.

Penyebab Trakhoma

Penyakit menular ini disebabkan oleh infeksi bakteri gram negatif Chlamydia Trachomatis yang hidup sebagai parasit di dalam tubuh manusia. Selain Chlamydia Trachomatis, Chlamydia Pneumoniae dan Chlamydia Osittaci juga dapat menyebabkan trakhoma. Meskipun kasusnya sangat jarang terjadi.

Selain penyebab utama, terdapat faktor tambahan lain yang juga memicu penularan trakhoma, di antaranya:

  • Kebersihan yang buruk
  • Tinggal di tempat yang kotor atau kumuh
  • MCK tidak memadai

Pengobatan Trakhoma

Untuk menekan risiko trakhoma, jauhkan benda yang telah digunakan penderita. Gunakan salep mata antibiotik sesuai resep dokter. Operasi hanya dilakukan jika terjadi kelainan pada bentuk kornea atau kelopak mata.

Demikianlah informasi mengenai penyakit mata menular konjungtivitis dan trakhoma beserta gejala, penyebab, dan cara mengatasinya. Ayo, cegah penyakit mata dengan rutin berkonsultasi langsung ke dokter mata spesialis mata di Bali. (inj)

Penyakit Mata Menular: Konjungtivitis dan Trakhoma