Bagi anda yang sudah merencanakan liburan akhir Tahun 2020, terutama yang ingin jalan-jalan ke Pulau Dewata, berikut ini saya akan share sejumlah destinasi wisata halal di Bali yang bisa anda pilih.

 

Saya berharap sharing kali ini bisa bermanfaat. Apalagi, Bali saat ini masih mengandalkan kunjungan wisatawan domestik lantaran jalur internasional masih ditutup. Setidaknya, sampai saya tulis artikel ini.

 

Entah kalau pada Desember nanti, akan kebijakan pemerintah untuk membuka kran wisatawan internasional. Seperti sangat ramai di sosmed itu. Banyak riuh pendapat dilontarkan warga. Terutama yang mengandalkan hidup dari tourism selama ini. Mereka tak sabar supaya pesawat luar negeri bisa membawa turis ke Bali.

 

Tapi meski ada turis mancanegara sekalipun, yang mencari informasi seputar wisata halal di Bali akan tetap ada.

 

Inilah wujud keragaman budaya dan keyakinan di Nusantara.

 

Anda tidak perlu khawatir.

 

Banyak Lokasi yang Bisa Dikunjungi

 

Bali sangat menghargai kebutuhan para wisatawan. Berdomisili di pulau seribu pura itu banyak mengajarkan pada saya akan arti toleransi dan perdamaian.

 

Berikut ini beberapa destinasi yang bisa anda pilih:

 

Pertama: Tanah Lot, Kabupaten Tabanan.

 

Anda sudah tahu ikon Pulau Dewata ini. Meski berada di pantai, tapi tidak ada turis yang berpakaian minimalis disini. Bagi anda yang kurang sreg dengan suasana bebas ala bule, maka menikmati pemandangan di Pura Tanah Lot bisa jadi pilihan. Ini lantaran sebagai tempat suci umat Hindu, sejumlah peraturan untuk menjaga kesopanan dan ketertiban diberlakukan disini.

 

Kedua: Pantai Jimbaran, Kabupaten Badung.

 

Sebenarnya garis Pantai Jimbaran ini memanjang sampai wilayah Pantai Kedonganan.

 

Ini bukanlah tempat favorit bule untuk berjemur. Tapi surga kuliner.

 

Pantai Jimbaran sudah terkenal seantero Nusantara lekat dengan sajian sea food yang sangat lezat. Semua olahan sea food ada disini. Anda bisa memanjakan diri dengan sampai kenyang.

 

Ketiga: Kebun Raya Bedugul, Kabupaten Tabanan.

 

Anda yang suka nyantai di tempat berhawa sejuk bisa berkunjung kesini. Kebun Raya Bedugul sebagai wisata edukasi, juga menjadi wisata keluarga. Setiap weekend, Baturiti, jalur menuju Kebun Raya Bedugul hampir bisa dipastikan merambat.

 

Keempat, Danau Beratan, Kabupaten Tabanan.

 

Pura di tepi danau ini menjadi ikon juga bagi Pulau Dewata. Hawa yang sejuk dan visual pemandangan yang bikin rileks bisa anda nikmati disini.

 

Di masa pandemi ini saya baru sekali mampir ke Danau Beratan. Sekitar Mei atau Juni lalu.

 

Pengelola masih menutup lokasi wisata.

 

Saya rasa peraturan itu sudah berubah.

 

Apalagi di liburan akhir tahun nanti. Kemungkinan lokasi ini dibuka untuk wisatawan sangat lebar. Tapi anda tetap harus disiplin dengan protokol kesehatan.

 

Jika anda mencari penginapan di Bali silahkan hubungi 087701551788
Penginapan dengan private swimming pool di tengah kota Denpasar ada di kawasan Jl Teuku Umar.(*)

 

Untuk menjelajah wilayah lain dan menikmati banyak sekali wisata halal di Bali lainnya, anda bisa mencari penginapan yang banyak tersebar.

 

kalau anda mencari kuliner di Denpasar cobalah kober mie setan di jalan kaliasem nomor 5 denpasar

 

Kalau saran saya, anda bisa stay di Kota Denpasar. Pilihan kuliner halal mudah dijumpai di ibukota Provinsi Bali itu. Salah satunya, outlet Kober Mie Setan, yang terletak di Jalan Kaliasem dan Jalan Bedugul 37A Sidakarya.(*)

Pilihan Wisata Halal di Bali