Pertanyaan yang sering muncul di benak turis domestik kalau ke Pulau Dewata adalah ini: dimana wisata kuliner Bali halal ? Beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatmya turis asal Timur Tengah, pertanyaan itu juga kerap diajukan. Misal kepada driver taksi online. Atau, kepada petugas hotel atau villa, tempat turis menginap. Teman saya seorang manager villa di Badung Bali sering mendapat pertanyaan tamu seperti itu.

 

Sebenarnya, pertanyaan yang sama sudah saya ketahui sejak tahun 1993.

 

Ketika saya masuk ke Bali. Kali pertama. Bersama rombongan sekolah.

 

Darmawisata.

 

Mencarter 3 gerbong Kereta Api Mutiara Timur. Dari Surabaya sampai Ketapang Banyuwangi.

 

Dari Ketapang Banyuwangi, diangkut bus kereta api sampai ke Denpasar. Menginap di sebuah hotel di Jalan Diponegoro, Denpasar. Yang sampai saat ini, hotel itu tetap berdiri.

 

Saat itu, saya bertanya kepada teman: dimana makanan halal di Bali ?

 

Bagi yang awam dengan Bali, pertanyaan itu sedikit membuat gelisah. Namun, zaman sudah berubah.

 

Tinggal cari restoran fast food. Selesai.

 

Tetapi, bukan informasi itu yang akan saya share.

 

Kalau hanya mencari fast food, mudah. Tapi, apakah terus menerus perut dijejali ayam atau burger ?

 

 

Menu Halal yang Bisa Anda Cicipi

 

Faktanya, kita bisa kok melakukan wisata kuliner Bali halal.

Terlepas dari menu masakan padang, ya. Yang sudah jelas-jelas ramah bagi wisatawan muslim itu.

 

Beberapa lokasi kuliner halal di Pulau Seribu Pura yang bisa anda coba adalah ini:

 

  • Mie Kober Denpasar, Jalan Bedugul 37A , Sidakarya, Denpasar. Kedai mie dengan level pedas bervariasi ini menyajikan menu mie dengan taburan daging ayam. Ada juga olahan dimsum dan udang, dalam bentuk lumpia udang dan udang rambutan. Ada juga sushi. Bahan-bahan mie kober semua didatangkan dari Malang, Jawa Timur. Pemiliknya adalah pengusaha muslim. Jadi, halalnya tak diragukan.

 

wisata kuliner bali halal salah satunya kedai mie kober denpasar di jalan bedugul 37 A sidakarya
Mie Kober Denpasar yang satu ini adalah mie iblis cabe 1. Tidak terlalu pedas, pas buat saya.(*)

 

  • Warung Nasi Bebek, Jalan Tukad Barito, Panjer, Denpasar. Warung nasi bebek khas Surabaya ini jadi andalan saya saat kangen dengan rasa kuliner khas Suroboyo. Bebek goreng yang gurih, sedap, dan empuk. Plus, bumbu bebek yang hitam dan asin itu. Sambalnya juga mantab. Teman saya, perempuan asli Tabanan Bali, sangat menyukainya. Meski dia warga Bali, yang biasanya memasak dengan bumbu jangkep yang kuat, tapi dia cocok dengan menu bebek dan nasi ini.

 

Menu Soto Khas Jawa Timur

  • Warung Soto Ceker Jl Raya Kuta, Badung. Kalau anda mencari soto ayam yang khusus menyajikan bagian ceker (kaki ayam), disinilah tempatnya. Ada beberapa warung yang sama menawarkan menu soto ceker. Ceker ayamnya lumer di lidah, ditambah dengan kuah soto yang kuat rasa rempahnya.

 

  • Warung Soto Madura Jl Cokroaminoto, Ubung, Denpasar. Menu yang disajikan disini adalah soto daging sapi khas Madura, lengkap dengan babat, jeroan, plus tambahan telur. Di warung ini juga menyediakan menu nasi bebek, tetapi saya belum pernah mencobanya.

 

Masih banyak lagi lokasi wisata kuliner Bali halal. Anda yang baru ke Bali atau ingin mengunjungi Bali sudah tak perlu khawatir dengan makanan.

 

Masyarakat Bali terkenal dengan toleransi dan rasa menghormati yang tinggi.

 

Beberapa kawan saya asal Bali, selalu ikut menjaga saya saat makan. Yang jelas-jelas tidak halal, mereka tak segan untuk memberitahu saya. (mad)

 

Wisata Kuliner Bali Halal